SEMIOTIKA PADA KEHIDUPAN SEHARI - HARI

Hubungan semiotika pada objek yang ada di sekitar kita

 

Halloo semuanyaa!!! saya Fira Kania Pangestu dengan NPM 202146500719

Di blog ini saya akan membahas tas kesayangan saya yang memiliki nilai kesan tersendiri karna tas ini saya beli dengan uang tabungan saya sendiri, serta saya akan menjelaskan hubungan anatara semiotika dan tas kesayangan saya ini.

Sebelum kita membahasnya lebih jauh alangkah baiknya kita paham, apa sih semiotika itu? Dalam bahasa Yunani semiotika bermula dari kata Semeion yang memiliki arti “tanda”. Seperti  yang sudah kita ketahui bahwa hubungan semiotika pada kehidupan sehari – hari sering kita jumpai walaupun mungkin kita sering kali tidak menyadarinya. Sebagai salah satu contoh yang ada yakni tas kesayangan saya yang butuh perjuangan untuk membelinya.

  



Tas CHARLES & KEITH Quilted Chain Strap Clutch berwarna hitam. Diantara beberapa tas yang saya miliki, tas ini merupakan salah satu tas yang memiliki kesan tersendiri bagi saya. Karna tas ini sudah saya idam – idamkan sejak lama dan saya butuh menabung terlebih dahulu ketika saya ingin membeli tas ini, dengan harga yang cukup terbilang mahal dibandingkan dengan tas – tas lain yang saya punya. Tas ini saya beli sebagai bentuk self reward karna ada beberapa goals yang saya buat sudah terpenuhi, walaupun membutuhkan waktu untuk saya bisa membeli tas yang sudah saya idamkan ini dan harus mengkocek harga yang terbilang cukup mahal tetapi saya merasa senang karna ada proses di dalamnya ketika saya menginginkan sesuatu. Tas ini juga menjadi tas kesayangan saya, dengan desain yang ada pada tas cukup terbilang simpel dengan memakai warna full black serta sedikit sentuhan warna gold pada chain strap-nya hal ini yang menjadi daya tarik saya untuk membelinya karna terlihat elegant saat dipakai dan mudah di mix and match dengan baju apapun karna tasnya berwarna hitam.

              Tas ini masih sering saya gunakan untuk bepergian ke acara tertentu saja, kalau kalian bertanya mengapa saya hanya menggunakannya pada saat acara tertentu saja? Maka jawabannya adalah karna ini merupakan tas kesayangan saya. Jadi untuk meminimalisir kerusakan pada tas karna saya terlalu sering memakainya, saya memutuskan untuk menggunakannya pada saat ada acara tertentu saja. Selebihnya tas ini saya rawat dengan baik, seperti setelah saya menggunakannya saya akan pastikan kalau tas ini disimpan dengan baik dengan cara saya akan selalu memasukkan-nya kembali ke dalam box agar tasnya bersih dari debu.

              Semiotika menurut Charles Sanders Pierce terbagi menjadi tiga unsur yang telah dimuat dalam teori tiga segitiga yaitu tanda (sign) merupakan konsep utama yang akan dijadikan bahan analisis, secara sederhananya tanda cenderung berbentuk visual atau berupa fisik yang dapat ditangkap manusia. Lalu ada acuan tanda (object) yang merupakan konteks sosial yang implementasinya dijadikan sebagai aspek suatu permaknaan. Dan yang terakhir ialah penggunaan tanda (interpretant) yakni berupa konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan memberikan makna terhadap objek yang dirujuk sebuah tanda.

Sesuai dengan yang sudah di jelaskan diatas, saya mengambil contoh tas ini sebagai salah satu hubungan semiotika yang ada di kehidupan sehari – hari. Pada tiga unsur semiotika yang dipaparkan oleh Charles Sanders Pierce, dimana element sign (tanda) terdapat pada nama objek yaitu “Tas CHARLES & KEITH Quilted Chain Strap Clutch”. Lalu pada object (acuan tanda) yaitu berupa benda itu sendiri yakni tas, berikutnya yang ada pada element interpretant (penggunaan tanda) yakni sebagai storage barang ketika ingin bepergian.

Itulah cerita singkat tas kesayangan saya yang bisa dihubungkan dengan semiotika yang ada pada kehidupan sehari – hari. Terimakasih untuk semuanya yang sudah berkenan membaca blog singkat ini, jika masih banyak kesalahan kata mohon dimaklumi serta dimaafkan.


Komentar